Saturday 16 March 2013

About vitacid (tretinoin) Updated

vitacid
barangnya
Nah,di postingan ttg jerawat bruntusan tadi, disitu gw pake vitacid buat mengatasi masalah jerawat gw itu.

awalnya gw tau krim ini dari femaledaily di thread jerawat, disitu direkomendasiin berbagai macem obat mulai dari vitacid, mediklin dll

vitacid dan mediklin ini keduanya gw pernah coba tapi mediklin gk berefek banyak, mediklin ini adalah antibiotik yg cara kerjanya membunuh bakteri" penyebab jerawat.. (cmiiw)

Sedangkan tretinoin (vitacid,nuface dll) cara kerjanya dengan mengeluarkan berbagai macam "minyak" yg terperangkap di muka,entah komedo ato jerawat. 

dia jg bakal ngelupasin kulit gitu, jadi kalo mau pake siap" lah, entah ngelupas di jerawatnya, di pipi, cuping hidung ato di dagu, perih loh.

mohon dibaca :


gw tau,mungkin berberapa ada yang males baca tulisan ini sampe bawah, dan justru malah bagian penting yang ke skip -_-

gw nerima berberapa keluhan "kok pake vitacid gk sembuh-sembuh yaa"
dan setelah ditanyain,begini begitunya, ada info yang ternyata gak mereka baca
yaituuu : pentingnya sunblock/sunscreen


"aku gak pake sunblock, soalnya takut sunblocknya ga cocok"

"aduh aku males pake sunblock"

"sunblock? harus yaa? bisa gk dipake aja gak?"


kalo misalkan ada terbesit dibenak kalian begitu tau sunblock HARUS dan merupakan pasangan WAJIB treatment tretinoin, mending kalian gak usah ngejalanin treatment tretinoin deh, kenapa ? ya karena WAJIB, misalkan nih, kalian cuma pake si tretinoin doang tok, siangnya gk pake sunblock yang ada iritasi. Karena waktu pake tretinoin itu kulit kita sensitif banget sama matahari. Gw saking takutnya iritasi, dirumahpun kadang gw pake sunblock, kalo sinar matahari lagi terik-teriknya.



about vitacid
vitacid ini bahan aktifnya retinoic acid (tretinoin) adalah turunanya vitamin A, masih 1 keluarga sama retinol.

Please note : retinoid acid dan retinol berbeda, keduanya sama-sama turunan vitamin A, tetapi retinol formulanya lebih ringan daripada retinoid acid, selain itu retinol itu OTC (bebas prescriptions, bisa didapatkan secara umum tanpa harus resep dokter) sedangkan tretinoin/retinoid acid itu masuk ke golongan obat keras dan harus dengan resep dokter. Yaah, kalo mau beli melalui apotek, mereka kasih-kasih aja sih, tapi balik lagi yaa, please do your own research, karena retinoid acid ini benar-benar tidak bisa dipakai sembarangan, do on your own risk.

katanya sih,aslinya buat anti aging, tapi bisa untuk membantu pengobatan jerawat yang sifatnya sudah severe dan tidak mempan dengan treatment yang ada di pasaran. secara umum ada 3 kadar yang dijual yaitu 0.025% , 0.05% dan 0.1%

bagaimana cara untuk memakai retinoid acid untuk jerawat?


dipake waktu malam aja sebelum tidur abis cuci muka.


♥ skincare rutin gpp dipakai ,tapi jgn digabung sama salicylid acid ato agen2 pengelupas kulit lain (AHA dan BHA contohnya).  Treatment ini bagus banget dicombine dengan skincare yang mengandung pelembab seperti hyaluronic acid, atau niaciamide juga bagus

Hindari pakai di siang hari. seperti sebelumnya gw mention, saat pakai tretinoin tuh kulit kita sensitif sekali sama sinar matahari, lagian kayaknya dipakai waktu malam aja cukup. 

♥ Gimana kalau perlu makeup tetapi lagi pakai tretinoin/retinoid acid? mungkin di minggu awal pengelupasannya belum ekstrim. tapi, pas lagi parah-parahnya tuh percayalah, makeup-an juga jelek, flaky dan patchy. kalo perlu banget-banget yaaa bisa diakali dengan penggunaan skincare yang super calming dan melembabkan (hyaluronic acid dan ceramide, misalnya) 

♥ harus sabar,proses purgingnya bisa lama, bisa bentar, tergantung parahnya jerawat..

mulai pakai dari kadar kecil aja dulu jgn nekad langsung beli yg 0.05 belilah dulu yg 0.025 kecuali kulit badak dan gk mempan  boleh lah icip yg 0.05, untuk kulit cowo,bisa mulai dari 0.05 dan yang sensitif mulai dari yg kecil (selain vitacid,ada merk lain yg dosisnya lebih kecil kalo gak salah yaa)

♥ jangan kebanyakan  gw selama ini pakenya cukup tipis" aja  kalo merasa kurang boleh dicoba, tp kalo gw ikut saran dokter waktu itu, pakenya tipis-tipis aja (gw pernah tanya" ke dokter) apalagi kalo yg kulitnya sensitif , usahakan pake setipis mungkin atau pake di spot jerawat/bruntusannya aja


♥ untuk membantu pas masa pengelupasan avene thermal water mist membantu loh. kalo kulit lagi mengelupas, perih, bisa disemprotin langsung mereda dikit. 


♥ imho sih, treatment tretinoin ini adalah pilihan terakhir kalo uda mencoba segala jenis obat tp gk manjur" juga.

untuk jangka panjang, penggunaan tretinoin ini masi jadi pro dan kontra, kalo gw sendiri pakenya untuk short term aja, kalo jerawatnya uda keluar isinya atau kondisinya sudah membaik, gw hentikan sih. so far sampai sekarang belum ada pakai lagi. 

untuk ibu hamil, ada baiknya jangan dipake dulu yaahh..

ada orang yg treatment tretinoin lamaaa banget bisa setengah atau bahkan 1 tahun, syukurnya gw hanya 1-2 bulan aja sampai membaik. Masa" purgingnya SENGSARA! tapi ya terbayarkan sih lagipula gk perlu keluar uang sampe jutaan juga.

oh iya, bahkan penggunaan tretinoin ini bisa dipake untuk keloid juga, tp belom pernah coba dan gk punya keloid, tp yg pernah gw coba adalah milia yang tumbuhnya di deket mata nah itu berhasil, sekitar 3 minggu telaten pake ilang milia nya..

ini pengalaman gw selama pake..untuk kalian yg mau coba,selamat mencoba dan semoga sukses..
yang sabar,yakin dan banyak" doa..huahahaha

berberapa pengalaman lain yg bisa dijadiin referensi : hanaiyzm , bobyfahlevi sebenernya ada 1 blog lagi..blognya mizhasbeautydiary.blogspot.com tapi uda close :(

UPDATE !

sebenernya gw uda lama tau, penggunaan vitacid ini masih pro dan kontra keamanannya.
ada yg bilang karsinogenik (bikin kanker) dan juga punya resiko dimana terjadi kecacartan janin

nah disini gw sertakan referensi artikel nih,jadi sebenernya aman gk sih vitacid ini ??

klik link referensinya !

Jadi yg dijelaskan di artikel itu kurang lebih isinya : bahwa penggunaan asam retioic (retinoic acid) relatif aman kalo dipake dalam jangka pendek jadi gk keterusan ampe bertahun-tahun dan rutin
sedangkan relatif berbahaya kalo kita pake dalam jangka panjang dan rutin,misalnya tiap hari pake dan dipake tahunan. Serta kalo retinoic acid ini diminum, maksudnya bukan minum salepnya yah, tapi ada obat gitu yg komposisinya adalah retinoic acid dan fungsi obat ini adalah untuk jerawat, namanya roaccutane.

Nah untuk kalian yg masih penasaran dan ragu", gw sarankan ya mending jangan, ato konsultasilah ke dokter kulit. Gw sendiri pakenya jarang-jarang kok, rutin itu pas jerawat gw yg kemarin amat parahnya dan sekarang karena udah sembuh, vitacidnya nganggur tuh. Dipake lagi kalo nongol jerawat yang emang harus diolesin vitacid,kalo cuma jerawat biasa" aja,gw gk akan pake vitacid,gw pake obat lain..

so girls,its ur choice ya, apa yg gw tulis ini semata-mata hanya review dan gk ada maksud untuk menyuruh kalian untuk menggunakan vitacid untuk jerawat kalian.. kalo ragu",pasti masih ada cara lain kok harusnya.

49 comments:

  1. say aku tanya dong.. bedanya bruntusan sama milia itu apa ya? aku ada bbrp jerawat batu di area pipi nih >_< gara2 kmrn coba2 toner baru..
    kalo dicobain di milia gt ngefek ya? boleh dipakein ke milia sekitar mata ngga?
    thanks for sharing ya :D
    <3 Very helpful!

    www.xiaovee.com

    ReplyDelete
  2. masih ragu nih makenya alias takutt :p, jrawatku ga parah"amat sih tp mati satu tmbuh seribu, anehnya cma dsekitar dagu aja -_-

    ReplyDelete
  3. @xiao vee : baca postingan gw yg ttg jerawat itu de.. kalo milia itu mungkin yg di deket mata,datengnya gk gerombolan dan padet gt..dipencet diapa"in gk jerawatan..
    sedangkan jerawat gw itu kalo dipencet" potensi jerawatan.. hahahaha..
    bisa kok dipakein ke milia..tp jgn sampe kena matanya,dan tipis aja soalnya kulit disekitar mata kan sensitif..diolesin di spot milianya aja..ak pernah coba dan milia ny hilang tanpa bekas :D

    @saras kalo ragu,olesin di jerawatnya aja,jgn 1 muka.. :p

    ReplyDelete
  4. kak, itu dapetnya mesti pake resep dokter gak? soalnya lgo "K" nya warna merah tuh, bukan obat bebas :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ak tanya sama mbak" di drugstore gitu dikasih aja kok..

      waktu konsultasi sama dokter kulit jg disaraninnya itu,tapi ak pake sebelum konsul..

      Delete
  5. kak, itu cocok nggak sih buat ngilangin bekas jerawat? jerawatnya malah jadi item-item tapi nggak benjol gitu apa bener bener ilang mulus nyatu kayak kulit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat ilangin bekas jerawat,sebenernya kurang cocok pake ini,kalo aku sih bekas jerawat ilangnya gitu aja,perlahan" memudar,walopun gk langsung..

      Delete
  6. Kak belinya dimna n hrganya brpa?

    ReplyDelete
  7. Kak belinya dimna n hrganya brpa?

    ReplyDelete
  8. sis, q mw nanya. q jg jrawatan ni, uda cba brbgai produk kcntikan sprti lbc gthu. tpi jrawatnya msh aja nongol. pke vitacid bnrn gg sis bsa ilang gg jrawatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di aku sih ilang,ak gk bisa berani jamin jerawat km ilang pake vitacid,karena kondisi kulit tiap orang beda-beda..

      lebih baik coba konsultasi ke dokter,kan dokter biasa lebih tau penyebab jerawatnya..

      ato ya diusahakan coba tanpa obat dulu,misalnya bersihin mukanya lebih bersih,pake susu pembersih + cleansing foam , uda gitu puasa dulu pake make up.. kalo misalkan selama puasa pake makeup jerawatnya berkurang,berarti penyebab jerawatnya karena gk cocok sama make up..

      cari" info lagi aja sis,banyak kok blogger lain yg punya masalah jerawat yg share review skincare rutin mereka..

      kalo mau nyoba vitacid silahkan,tapi ya karena masing" kulit orang berbeda,ak gk bisa memastikan bakalan ilang ato ngak..
      kalo mau coba,jg coba dulu aja dari yg kadar paling kecil..

      ^^

      Delete
  9. sist nanya dong untuk cara pemakaian vitacid sama krim malam skincare itu gmana ya????
    urutannya gtu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ak gk pake krim"an gitu sih,kurang tau.. coba googling kalo pake krim" gitu urutannya gmn..maaf ya ak kurang tau,gk bisa sembarang kasih informasi takut salah >_<

      Delete
  10. kalau karsinogenik sih enggak ya.. soalnya dia sendiri jadi pengobatan alternatif untuk leukemia (nama dagangnya Vesanoid). Kalau teratogenik (cacat lahir), memang iya, itu pun kalau dipakai ibu hamil di trimester 1 (0-12 minggu kehamilan), itupun gak masuk kategori kontraindikasi tapi special precaution... Yg udah jelas2 kontraindikasi untuk preggie ya isotretinoin (tretinoin oral/diminum)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahhh.. ini mbak mizha dari blog mizha beauty diary bukan ??

      makasih penjelasannya,thx uda komen dan tambahan infonyaa :)

      Delete
    2. ...
      ,mw tanya..??
      klw noda bekas jerawat bisa g.
      cz bekas jerawat saya banyak d samping pipi..

      Delete
    3. kalo noda bekas jerawat sih..saranin pake produk whitening aja.. kalo vitacid ini lebih untuk jerawat mendem/bintil isi lemak yg susaaaahh bgt keluar (whitehead mungkin ya??)

      Delete
  11. efektif buat komedo gak soalnya komedo tu paling sering mucul dan cepet bgt
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk komedo di hidung,aku masih trial error,nanti lebih jelasnya bakal aku update apa di aku ngurangin komedo apa ngak :)

      Delete
  12. kak mau nanya, kira* sabun apa yg cocok yang bersahabat dngan vitacid???
    saya coba sabun baby, tpi kok perih, dan ada bkas luka* gitu..

    Mhon bantuan.y

    ReplyDelete
    Replies
    1. ak pake sabun yang dipasaran gk masalah sih.. sabun baby nya yg batangan ??

      Delete
    2. kalo pake facial foam sari ayu kuning langsat cocok ga sis . . ? ?

      truz klo aq pake pelembap citra hazlien cocok jg ga sis . . ? ?

      mohon info_a . . :)

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. maaf ya,untuk kedua produk itu ak belom pernah coba dan gk tau secara pasti juga ada kandungan yang gk mendukung si vitacid..

      kalo facial foam mungkin bisa aja sih selama gak ada salyctid acid,tapi kalo krim ak kurang yakin..

      maaf ya gk bantu banyak >_<

      Delete
    5. owwh . .
      leh kasi info ga sis cream pa yg bagus ntuk menghilangkan bekas" jerawat yg pasti_a aman tidak mengandung mercury tao yg berbahaya lain_a . .
      al_a jerawat aq merah" bngt . . :(
      trus aq baru mao pakai vitacid 0.025 nie . .
      tp aq kurang ngerti maksud_a d daerah mata tidak d olesin maksud_a mulai dari kelopak mata n' bawah mata gt maksud_a sis . . ? ?
      ma'af ych bnyak nanyak . . :-s

      Delete
    6. kalo cream/perawatan yg ilangin bekas jerawat sampe sekarang belom nemu yg ampuh,mungkin rajin" peeling dan maskeran aja itu juga uda lumayan,tapi gk ampuh" banget

      bagian mata kan sensitif,takutnya iritasi,kalo misalkan ada milia/jerawat di bagian sekitar mata,bisa diolesin TAPI dioles di bagian jerawat itu aja,dan tipiss banget..

      Delete
    7. mau bantu jawab untuk penggunaan vitacid dan citra hazelin, aku sangat tidak menyarankan kombinasi ini yah cantik.. soalnya aku pernah nyoba, malam pakek vitacid pagi pakek citra hazelin.. rasanya itu perihhhh bangeetttt setalahnya langsung merah kayak udang mateng :( langsunglah ak cuci muka... dan merahnya itu lama banget ilangnya bisa hampir seharian :"( jadi aku pakai pelembab lidah buaya utk ngurangin merahnya...
      entahlahya apa karena emang dasarnya kulit ak sudah sensitif ditambah lagi mungkin karena aku udah pakek vitacid seminggu duluan baru setelahnya ak mau nyoba pake citra hazelin untuk paginya... jadinya kulit aku udah sensitif nambah sensitif lagi oleh vitacid... jadi pas paginya pake citra hazelin yg ada pemutihnya, muka aku perih banget...
      jadi aku saranin pakek sunscreen parasol spf 33 aja... dijamin kulit gak bakal kering kok.. kalo kalian gak pakek apa2 paginya justru kulit kalian bakal jadi kering dan perih...(ini dari pengalamanku)

      soalnya ak termasuk kulit wajah yg sensitif.. sudah gonta ganti produk kecantikan ternama.. pada gak cocok.. dan terakhir ak pakek vitacid udah pasrah banget mau jadi apa.. tapi aku percaya karena ini produk yang biasa di resepin oleh dokter dan hanya bisa di temuin di apotek.. jadi yah pasrah dan percaya aja.. dan hasilnya sangat memuaskan daripada skin care yg dijual di pasaran maupun olshopo...
      emang awalnya terasa perih dan agak nyut2 gituh tapi ak menikmatinnya karena daripada gatal aku lebih suka yang agak perih dikit gituh.. jadi terasa seperti digaruk oleh obat..
      jadi aku saranin pakek yg dosis terendah dulu.. habisinlah dulu yang 0,025% utk penyesuaian, lalu baru kalo udah abis boleh coba tingkatin ke 0,05% jangan lupa banyak minum air putih juga :))
      sekian pengalamanku cantik.. semoga bermanfaat ��

      Delete
  13. haii dear..nice info. :)

    oya, aku juga skg pengguna vitacid nih. pemkaaian vitacid buat ngurangin jerawat yang timbul, terutama bekas-bekasnya. alhamdulillah, sudah seminggu aku pakai vtacid, hasilnya bagus. jerawat kering dan bekas2nya ilang sedikit demi sedikit. hehhee..

    aku dapet rekomend obat ini dari blog dokter spkk. :)
    makanya aku berani coba. hehhe

    tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga cepet mulus yaa mukanya :D thx for sharing..

      Delete
    2. Kak Meniar Riza pake vitacid buat ngurangin jerawat sama ngilangn bekasnya pake yg kandungannya brapa %?

      tks

      Delete
  14. kak, mending pake yg 0,1 atau yg 0,025? makasih

    ReplyDelete
  15. kak, lebih baik pake yg 0,1 dulu atau yg 0,025? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ak nyaranin pake yg 0.0025,biasanya 0.1 dipake untuk yg udah lama pake vitacid dan ud kebal sama yg kadar rendah :)

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. sist mau tanya dong. aku pengen nyoba nih. kalo jerawat+noda hitamnya banyak apa masa purgingnya juga bakalan banyak? terus kalo pake sunblok betasol33 jangan pake kosmetik yang lain yah? apa sunbloknya kuat seharian tanpa pake bedak/pelembab? setelah beraktifitas apa boleh cuci mukanya langsung pakai sabun muka tanpa dibersihin pake susu penyegar+toner (viva misalnya)?
    terus sabun cuci mukanya bisa gak kalo pake wardah acne cleansing gel/wardah facial wash/whitening face soap dari iria goat's milk??

    mohon dibantu yah sist. butuh semua jawabannya banget. makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masa purging sih,tergantung tiap jenis kulit masing",ada yg cepet ada juga yg lama,gk ada (belom nemu) apa aja faktor" lama/bentar nya purging..

      ak gk pernah nyoba sunblock betasol33 jadi gak tau gimana,kalo kandungannya mengikuti sunblock pada umumnya seharusnya penggunaan sunblock sama make up gpp,trus daya tahan sunblock itu juga bergantung sama kadar SPFnya juga,untuk jaga-jaga sih bisa reapply 2-3 jam sekali kalo sering berada dibawah sinar matahari..

      kalo soal membersihkan muka,kalo mau bersih ya pake susu pembersih + toner,tapi kalo ngerasa uda cukup bersih pake sabun muka aja ya itu gk masalah..

      sabun cuci muka yg km sebutin itu ak gk pernah coba,tapi kalo diliat dari ingredients ny wardah acne cleansing ada salyctid acidnya,nah salyctid acid sama tretinoin kan kalo digabungin takutnya mukanya gk kuat.. nah kalo wardah facial wash sepertinya oke,dan dia juga gk bikin kulit kering..kalo yg iria goat milk,gk nemu komposisinya,jadi belom tau kira" aman ato ngak ..

      maaf ya jawabannya gk bisa membantu banyak" :)

      Delete
  18. Hai, aku jg punya masalah sm jerawat nih. Tiap kali aku 'dapet' pasti jerawatan. Pipi kanan kiri jerawat merah2 dan bruntusan gitu :( kl sabunnya bagus pake apa ya? Toner dan milk cleansernya pake apa nih? Aku pgn coba pake vitacid dan brhenti pake obat yg biasa aku pake. Soalnya obat yg biasa aku pake itu jd bikin ketergantungan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii,jenis jerawat bruntusannya yg meradang ato ngak ?
      trus munculnya pas dapet aja ??

      sabunnya bisa pilih yg khusus jerawat,tapi yg gk mengeringkan,nah pilih aja sabun yang gk ada kandungan deterjen nya :)
      untuk toner dan milk cleanser,tiap orang cocok"an juga,tapi coba aja pilih yang untuk kulit berminyak di pasaran,kalo ak pake nivea karena gk bikin kering..

      biar gk ketergantungan,coba dirawat baik" dulu,sebisa mungkin sebersih mungkin dalam membersihkan muka,dan jgn sampe kulit juga kering dan dehidrasi,karena bisa memicu kulit memproduksi sebum makin banyak.. :)

      Delete
  19. Sis aku mau nyoba vitacid nih udah beli, mukaku bruntusan gitu jg sama, katanya gara2 produk whitening yah? Aku pake dewytree extreme whitening, apa aku harus stop produk whitening nya?

    ReplyDelete
  20. waktu pke vitacid, apa menggunakan sunblock parasol juga?

    ReplyDelete
  21. hai, mau nanya dong. kamu waktu pake di jerawatnya doang ya? itu purgingnya parah gak sih kalo pakenya begitu aja? tetep merah dan ngelupas ya?
    hehe maaf ya banyak tanya. makasi :D

    ReplyDelete
  22. Kak mau nanya dong, selama pake vitacid itu kakak pake facial foam & sunblock merk apa ya?
    mohon bimbingannya ;)

    ReplyDelete
  23. kak mau nanya,itu vitacidnya di pakai setiap hari atau jarang jarang?

    ReplyDelete
  24. buat muka sensitif perawatan kudu ati-ati ya :)

    ReplyDelete
  25. Sis.. kalo pake vitacid pada area yg jrawatan aja apa seluruh wajah

    ReplyDelete
  26. hai.. hai.. kenalin aku ecako.. aku mau share ttg jerawat yg sempat bikin aku down, kacau balau gk pede dan jd males keluar rumah#lebay tp kenyataan*_* aku dl pernah jerewi teti trus pake vitacid n ampuh.. dl masa. purging ku 2bln trus laje sampe 6bln.. hsl nya wowwwwwwww,, 2thn kemudian tepatnya skrg pasukan gk di undang dtg lg,, yup jerewi teti nemplok blek di pipi kanan dan lumayan byk..! aku awalnya obtin segala skincare tp gk mempan,, abs duit gk sdikit, berharap bs sembuh.. sebenrnya pingin pake vitacid cm gk sanggup masa purging nya.. (sedih).. dan aku terus mencoba skincare dr yg hraga ratusab smpe jutaan.... horeee gk berhasillll.. nangis raung2 dahh!!! akhirnya sampai pd titik darah penghabisan indonesia raya... aku beranikan lg pke vitacid... yuppp cukup wkt 5hr jerriwiku makin heboh, merah, besar, bernanah, tambah byk dan muka jd berminyak.. jelex sangat!!!! aku tau ini purging, krn sdh pernah mengalami masa2 sulit ini.. hiksss... oh ya pake vitacid ini emng hrs sabar, berani, dan sadar diri kl emng lg jelek h h h h tujuan nya untk bs nerimo.. krn saat masa purging sumpah tuh jerwat ngeri bingit gede merah sangat dan putih bernanah???? tau kan rasany gmn tak terlukis?? tp aku menyakinkan diri dan tetap semangat byk doa jgn lupa semoga cpt selesai.. okeee.. aku lanjut lg curhatnya heheh.. aku pake vit. kdr 0, 1 coz kulit ku sdh gk mempan pake yg kdr rendah.. lagian terlanjur udh jerwatan biar aja jelek bentar tp cpt sembuh nya itu yg di pikiran ku.. oh ya untuk ngebantu nya aku jg minum antibiotik oral spy bakteri jahanam pd matikkkk jd. mesti di bantu dr dalam.. aku minum tetrasiklin selama 10hari dgn dosis sehari 3x.. ini bs di beli di apotik kok... tp gk cm disitu.. krn target ku hrs dlm 2bln semua kerisauan hati ini hrs sirna aku bantu jg dgn minum suplement utk kulit.. kl malam sebelum mkn mlm aku minum bio C semacam vit. C 1000mg ini untk antioksidan dan buat bantu ilangin bekas2nya nanti... kemudian sebelum tidur aku minum nurish skin ultimate knp yg ultimate krn pake vitacid kulit jd. kering bingit.. nah si nouris skin ultimate ini bgs banget buat kulit spy gk kering dan flek.. stlh minum nurish skin jgn lupa berdoa sebelum tidur... setelah seminggu berlalu jerawatku yg td nya parah itu mengering dgn sendiri nya.. oh ya,, kl pagi hari sebelum sarapan aku jg minum suplement soniya ini suplemen khusus untk jerawat bandel del del udel.. jd menurut ku ini sangat membantu proses penyembuhan jerwat ku... nah skrg aku tinggal nunggu hasil yg sdh mulai membuahkan buah manis he hehe... buat tmn2 yg mau coba vitacid jgn down ketika purging nya.. dan minum antibiotik biar mempercpt prosesnya.. sedangkan suplemen buat bantu ilanigin bekas nya jg... oh ya lupa ketinggalan slama jerewi teti ini aku jg rajn nimum glucola biar pori2 cpt kecil.. byk banget ya ritual ku???? saranku buat tmn2 kl udh cocok. sm satu produk jgn trgiur promo lain,, sprti akiu hiksss.... oker sukses selalu ya...

    ReplyDelete
  27. Muka ku termasuk sensitive semenjak aku lepas obat dokter... Sekaramg jerawat jd tertubi2 dtg dan bruntusannya itu loh yg byk... Pgn nyoba vitacid tp masih agak takut purgingnya..

    ReplyDelete
  28. Makasih ya sharing infonya, kayaknya jadi pencerahan banget buat aku yg lgi merasakan bruntusan banget setelah abis lahiran, kayaknya makin mantep nih mau nyobain vitacid.

    ReplyDelete
  29. Ada yang bilang kalo pake vitacid gaboleh pake facial wash yang oil control. Bener ngga sih kak kalo bener kenapa?

    ReplyDelete