Saturday 16 March 2013

story of jerawat bruntusan

hai semua ~

kali ini gw mau berbagi pengalaman waktu muka gw lagi jerawat bruntusan
not sure bruntusan jg sih..kyk bintil" gitu tapi jerawatnya gk ngeradang..uda gitu kyk komedo terperangkap gitu.. trus cari" info tentang jerawat bruntusan & bintil (milia) yg paling mendekati sih jerawat bruntusan.. tolong koreksi kalo salah yaaa XDD~  hati" banyak tulisan :D





sekitar tahun 2010-tengah" 2011 muka gw bebas jerawat, mulus deh, bekaspun ilangnya cepet, cuma emang komedoan sih. waktu itu gw uda sadar cara membersihkan muka dan merawat muka, kalo gk salah dulu cuma pake susu pembersih (kalo pake bb cream) trus sabun cuci muka, udah.

tapi tau sendiri lah,namanya cewe suka gk puas akhirnya coba-cobi krim dan asal pilih aja yg whitening, nah disini mulai" deh jerawatannya, tapi gk parah, cuma komedoan di pipi, ini pas 2011-2012.

nah saat sadar bb cream gw abis, gw mw cari pengganti, dulu lg booming bb cream made in indo, gw pilihlah bb caring yg everlast.Yang makin bikin parah adalah gw adalah orang yg paling gk tahan megang" pipi, apalagi kl ada komedonya, gw pencet" pake alat khusus komedo yg murah abis dipencet cuma dikasi toner, uda gitu dipakein bb cream caring.
jadilah..jengjeng! bruntusan..


jerawat
masi suka geli kl liat foto ini -_-
menggelikan de  huahahaha itu uda lupa kapan aja pokoknya selama itu, uda coba banyak banget obat jerawat dari yg bahannya salyctid acid, sulfur dan jg kombinasi keduanya, saking hopelessnya jg obat gatel" gw dipake bwt jerawat ini  sabun cuci muka jg uda ganti yg ada AHA+BHA ny tp gk mempan. T_T

pokoknya ini masa" penyesalan gw deh, dimana dulu pas muka gw mulus, pas muka gw mulai komedoan gw pencet" trus mama bilangin jgn dipencet nanti tambah parah tp gwnya aj bandel jadinya gini deh. gw uda facial jg gk mempan, bayangin dah T_T padahal tahun 2012 tuh tahun kelulusan,bakal difoto buat yearbook dan graduasi, tapi mukanya malah gini..

sudahlah, lupakan curcol itu..wkakakak seperti cerita diatas, gw uda pake obat jerawat macem" merk, dan bervariasi kadarnya tp tidak mempan saudara", akhirnya pas mampir femaledaily dan rajin" cari review, ketemulah yg namanya retinoid acid, dengan reviewnya yg menggiurkan, gw tertarik untuk mencicipinya juga.

awalnya gw pake yg kadar 0.025 tapi gw mengalami purging dan gw kapok, gw kira tambah parah , waktu itu masi bego gk ngerti namanya purging dan gk cocok.. trus disaat september 2012 gw baru inget..mau jadi pengapit buat nikahan kakak..waduh..karena nekad pengen cepet mulus..gw beli yg kadar 0.05..dengan asumsi sotoy makin gede kadarnya,bakal nampol efeknya..efeknya sih nampol..purgingnya ! (untuk pemakaian retinoid acid yg benar,nanti bakal gw post..jgn sesat pakenya..nanti bukannya mulus malah tambah parah,bisa jg googling buat cari cara pakai yg benar)


vitacid
vitacid..ini awet lho!

jerawat
masa penyiksaan
tuh tuh,purging , merah", kelupas", sengsara bangett itu mau pake bb cream aja jg masi jelek. Masa" purging kira" 1 bulan, masa" merah" itu dibantu sama Avene thermal spring water mist untuk meringankan perih" dan kelupas":D tapi dibalik yg namanya siksaan, gk selalu ada happy ending, yg namanya jerawat pasti ada bekas.

after siksaan

muka no makeup sekarang
setelah purging itu, jerawat nya emang ilang, sayangnya bekasnya gk nahann sampe sekarang masi ada loh bekasnya T_T cuma gk separah waktu baru sembuh
dan gw masi agak parno pake krim pemutih..meskipun uda nemu obat jerawat yg nampol, setelah treatment pake vitacid itu,gw akhirnya ketemu routine skincare yg cocok untuk kulit gw..

jadi dingat ya teman", merawat kulit berjerawat emang gk bisa instant, setelah jerawat sembuhpun kita masi disiksa sama bekasnya, hahahaha intinya ngerawat kulit biar bagus butuh kesabaran deh.

oh iya, perawatan dari dalam jg membantu sangat kayak banyak" minum air putih, tidur cukup dan gk begadang, lancar pup, dan makan makanan yg gk berlemak tinggi.


Update 2021 

halo, ada sedikit update di postingan yang ini about vitacid/tretinoin yaa ga banyak sih, paling penyesuaian info dan memperbaiki tulisannya agar enak dibaca dikit :p (maap ya dulu penulisannya ngasal beud) 

gw kaget karena pas iseng research tretinoin/retinoid acid, page gw masih muncul di search page, jadi berhubung mungkin akan ada yang membaca, gw jadi ada perbaikan di postingan-postingan gw yang bertopik vitacid/tretinoin ini. 

udah hampir 10 tahun ya sejak post pertama gw tentang si tretinoin ini, hahaha. nah apakah gw masih pakai sampai sekarang? yes masih, tetapi untuk case jerawat yang parah banget sih, itupun udah sekitar 2 atau 3 tahun lalu. Lalu berhubung gw sudah mulai masuk usia untuk pakai anti aging, gw sempet consider untuk pemakaian si tretinoin/retinoid acid ini, tetapi karena gamau purging lagi, gw pakainnya retinol. 

oke itu aja updatenya. terima kasih yaa untuk kalian yang sudah jadi pembaca :)

98 comments:

  1. aahhh~~ nasib kita sama jerawat bruntusan*kita(?)*

    btw gw baru tau loh jerawat ini namanya jerawat beruntusan hihi,pas gw liat foto"lu samba persis sama yang di wajah gw,oww >.<,ah mau coba skincare ala kamu itu :D thankyou infonya

    XOXO
    http://leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. iyaa jerawatnya nyebelin.. diapa"in gk ilang.. gatau bruntusan apa bukan sih..soalnya bruntusan itu setelah dicari ternyata banyak macemnya..

    cobain aja vitacidnya dulu.. tapi googling dulu kalo mau pakee :D

    semoga sukses .. thx ya uda mampir ♥

    ReplyDelete
  3. Pengen coba vitacid tapi takut purging nya >.< alalalala.. aman ga sih? aku ga bruntusan, cuman pengen lebih bersih aja mukanya

    ReplyDelete
  4. Aku juga bruntusan halus2 persis kaya kamu....
    Huaaa,,,gara2 make up di salon dr pagi sampe malem....
    And ada jerawat kecil kupencet + tambah gak cocok pake salah satu merk bb cream....
    Request donk post detail mengenai vitacid......
    Thanks

    ReplyDelete
  5. http://nataliaanatt.blogspot.com/2013/03/about-vitacid-tretinoin.html

    nah itu tentang vitacidnya :D

    ReplyDelete
  6. Itu emang efek sampingnya kulit jd kemerahan jg yah? Soalnya aku jg pke obt jerawat smacam it tp kulit aku jd kek kmerahan gt.. :p

    glorychen.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. hai..

    akhirnya berhasil ya menaklukan jerawatnya :)

    ReplyDelete
  8. @ glory itu namanya purging.. kyk semacem proses adaptasi kulit..ya emang merah".. dan ngelupas.. >_<

    thx ya uda mampir ♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh beneran ya? Bole bgt tuh di coba. Btw bole minta no pin ato wa donkkk...biar tnya lbh jlsss...thnx

      Delete
  9. jerawat yg gini ni yg ninggalin bekas merah kadang malah ninggalin bekas tonjolan yg bikin muka kayak parutan :(
    aq jg punya ni tp d jidat noh *poor me
    selamat y sist dgn segala perjuangan yg dilakukan akhirnya bisa ilang jg tu jerawat bruntusan .. hehe
    ourimagination-anggaime.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. untung bekas ku gk bolong/nonjol sih..cm ya bekas noda gt aja..
    iya..tp perjuanganku masi lebi mending dibanding sama yg bener" berbulan-bulan.. :D

    bekas yg bolong/nonjol gt harusny bisa ilang si pake tretinoin.. ato pake semacem dermatix gt?

    thx uda mampir :D

    ReplyDelete
  11. say mau nanya.. itu prodak lioele'x bisa beli dimana si??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa beli di counternya,juga bisa beli di olshopnya,kalo buat facial wash sama bb cream ak beli di counternya,soalnya di olshop harganya gk beda jauh,kalo tonernya beli di chic princessa

      Delete
    2. Ada contact olshopnya ga sist ?

      Delete
  12. nat nat, avene nya ngefek yag buat ilangin bekas jerawat merah

    ReplyDelete
    Replies
    1. avene tuh fungsi utamanya meredakan iritasi,kalo buat merah" di jerawat mungkin ngaruh yah,tapi kalo bekasnya sih kyknya ngak ilangin.. ^^

      Delete
  13. jadi teringat kondisi mukaku tahun lalu :(
    tapi waktu itu bukan cuma beruntusan ajah plus jerewi gede 2-3 biji. panen euy :P

    sekarang aku pake sulwhasoo soale yang paling manteb di mukaku cuma sul ajah. awal tahun ini sempet pake hadalabo shiro & essence-nya cukup membantu menngurangi bekas2 jerewi banget. tapi gara2 sering begadang, jadilah jerewi masih dateng kadang2, kupakein sul overnight vitalizing ajah.

    aiiih itu muka sis udah mulussss lagiiii.
    seneng liatnya :)

    ReplyDelete
  14. nat, ak udah beli avene nya, tapi pas ak semprot kok perih ya kalo kena mata, kalo kamu gitu jg nga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu ak sih ngak,mungkin matamu tipe yg sesitif ? >_<

      Delete
  15. vitacid yg cream beli dimana harganya berapaa? thxxx:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. di apotik macem guardian dan century ada,harganya bervariasi.. gk sampe 50ribu tapi :)

      Delete
  16. sis vitacidnya d pake malem aja ?
    trus sblm pake vitacid bersihin mukanya pake apa ?
    dr susu pembersih ,facial wash ,toner pake merk apa ?
    kalo pagi pake pelembab apa sis ?
    maaf banayak nanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp :D

      iyaa aku pake malem aja.. soalnya dia fotosensitif,kalo kena matahari yg ada malah merah" makin parah..
      kalo aku karena pengen muka bersih sebersihnya pake susu pembersih nivea,cleansing oil hadalabo,dan facial washnya the leaders,tonernya pake lotion hadalabo,cari yg melembabkan soalnya pas pake vitacid bakal bikin kering kulit dan mengelupas..

      ak gk pake cream" pelembab,cuma pake lotion hadalabo dan essencenya secret key :)

      oh iya,kalo purging kyk jerawatan ato mengelupas,itu biasa kok..kalo uda keluar jerawatnya dihentikan juga mulus :)

      Delete
    2. sharing dong ka, tandanya selesai purging itu gimana?

      Delete
  17. Kalo pakai vitacid uka kita ketergantungan ga ka

    ReplyDelete
  18. Kalo pakai vitacid uka kita ketergantungan ga ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ak bilang sih ngak,tapi ya tetep,abis treatment vitacid,muka harus dirawat baik" biar gk jerawatan lagi :)

      Delete
    2. Kaka pake vitacid nya berapa bungkus smpe jerawat kaka hilang semua.. Trus pake nya mulai dari yg 0,025 apa 0,5

      Maaf ka banyak tanya soal nya jerawat nya udah parah

      Delete
    3. no prob ^^

      ak pake gk sampe stengah tube malah,jerawatku ud keluar semua isinya..
      tapi tergantung juga ya jerawat km kyk gimana,kalo yg tipe meradang kurang tau bakal efektif apa ngak,tapi kalo yg tipe" jerawat mendem yg isinya lemak dan gk bisa dikeluarin bahkan uda dipencet,nah itu bisa..

      kalo bisa pakenya mulai dari yg kadar kecil dulu,karena biar kulitnya gk kebal..

      Delete
    4. Nanya nih ka sekali lagi


      kan jerawat kaka udah ga ada nih Kalo setiap kaka mau keluar rumah harus pake sunblok lagi apa ngga..

      Delete
    5. wah masih dong.. sunblock itu wajib untuk melindungi wajah dari sinar matahari kan..
      biar gk item,gk muncul bintik"..

      Delete
    6. Polesan nyaa mahal banget ka 48k sama aja ngebolongin kantong aku

      Delete
    7. Itu loh sunblok tau lah lupa nama nya

      Delete
    8. sunblock ada yg murah kok,kyk wardah yg gk sampe 48k rajin" cari aja.. hahahah :)

      Delete
    9. Maaf mau tanya lagi nih ka

      Emang obat jerawat itu yg bagus ngeluarin semua jjerawat yg ada di muka kita dulu ya kak baru nanti nya jadi bersih
      Apa bener

      Delete
    10. obat jerawat yang bagus itu,tergantung pada jenis kulit dan masalah jerawat pemakainya,ada yg jerawatnya macem dikempesin kayak jerawat meradang nah itu lebih baik pake yang mengurangi peradangan,kalo jenis jerawat kyk yg ak bahas diatas,itu yang macem dikeluarin,jadi kalo ak bagusnya ya yg dikeluarin :) jadi bagusnya suatu obat/ngak ya tergantung pemakainya cocok yang mana

      Delete
  19. Selain pake obat" an dr luar , ad mnum obat untuk pengobatan dr dlm ga ? Agak hopeless nih , jerawat ud menahun lama bgt :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengobatan dari dalam sih ak ngak.. cuma mungkin banyakin minum air putih dan jgn makan goreng" ato kurangin yg pedes,karena memicu jerawat juga kan..

      Delete
  20. Bingung mau pake verile apa vitacid

    Soal nya tanteku dulujugajerawatan trus dia pake verile sekarang muka nya udah mulus..

    Yg pernah pake verile.. Coment dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah pake verile tp gak cocok malah jerawatan, jadi tergantung kulit masing2 ya

      Delete
  21. klu dimuka saya ga ada jerawat tp cuma ada whiteheads,milia, sama bekas cacar itu cocoknya menggunakan kadar yg 0, berapa? Terus cara pemakaiannya gmn? Thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah baca" untuk kulit cowok,bisa coba yg 0,05

      Delete
  22. cara pemakaiannya gimana kalau buat muka bruntusan? Dioles ke semua muka apa yang cuma bruntusan aja?

    ReplyDelete
  23. Haloo, aku mau nanya dong. Aku udh pake vitacid 6hari berturut turut tiap mlm. Tp bruntusnya masih gitu2 aja. Apa efeknya blm kliatan ya kl baru pake 6hari? Oh ya, wktu di pake sebulan itu tiap hari berturut2 gak?
    Trs aku suka ngrasa ky agak gtel gt. apa emg gitu yah?
    Mhn jwbannya ya syg hihi thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang efek di kulit tiap orang beda" say,ak cepet,tapi sering baca efeknya muncul 1-2 minggu,ada yg sebulan,2 bulan..

      ak jg pernah agak gatel pas pake,tapi gk gitu ganggu :)

      Delete
  24. sis aku udah pake yg 0.025%
    jerawat d dahi emang ilang
    jerawat gede cm 1 apa 2 jg cpet ilang
    tp bruntus kecil2nya yg d sbelah pipi kiri ga ilang2 ni
    pake udah 3 minggu ni kyknya
    cm rada trkelupas dikit ,ga merah2 ,trus buat kusem deh
    pdahal aslinya kulitku rada putih pucet gitu
    pembersihnya aku cm make viva aja.
    aku mau pake facial foam cocokan apa ya?
    boleh pake serum anr jg ga sis?

    ReplyDelete
  25. Kak, kalo di bekas jerawat yang merah2 bisa nggak?

    :)

    ReplyDelete
  26. harga avene thermal spring water mist berapaan ka? beli dmana makassihhh

    ReplyDelete
  27. jerawat ku kan bruntusan banyak bgt, klo pake vitacid bisa ilang gak yaa...
    aku cowok 17 thun

    ReplyDelete
  28. sis,, ini obatnya boleh d pake lebih dari 2 minggu gak? soalnya aku baca"lagi ada yg bilang cm boleh di pake 2 minggu aja.

    ReplyDelete
  29. ak juga bruntusann,. nyuebelin emang,muka jadi kayak parut

    ReplyDelete
  30. say, misalnya malem pake vitacid, pagi nya pake bb cream garnier boleh nggak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sbb yaa.. harusnya sih gpp yahh.. tapi jgn lupa bersihin bbcreamnya sampe bersih :)

      Delete
  31. Hello dear.. Aku juga lg bruntusan nih.. aibat dr lepas akai melanox hq. bruntusannya setipe km gt deh.. cm blm sampe memerah dan smg saja tidak memerah. huhuhuu..
    dan sama, ini jg dipakaikan vitacid, tp vitacid emang ud set tahun dipakai cm krn lepas melanox aja jd error brgini.

    ReplyDelete
  32. Hai, mo tanya.. Beli Cleansing oil hadalabo,dan facial washnya the leaders,tonernya pake lotion hadalabo dimana sih?

    Iitu produk" apa? Soalnya aku ga pernah tau.. Kalo vitacid ada di apotek ya? Thanks ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. vitacid ada di apotik, nah cleansing oil dan lotion hadalabo juga ada di apotik kok,sedangkan facial wash the leaders ak beli online..

      Delete
  33. say, itu bisa buat kulit sensitif gak yah vitacid nya? soalnya muka ku sensitif banget, pernah berobat k dokter eh malah tambah meradang gitu pake krim2nya T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo misalkan ragu mendingan jangan dipake,nah kalopun mau pake pakenya kadar yang paling kecil,dan olesin tipis aja :)

      Delete
  34. Kak mau nanya dong kalo waktu purging pemakaian nya di stop apa di terusin.. ? Terus kalo pagi pake bedak aja tanpa pake sun block boleh gak..? Thx

    ReplyDelete
  35. Kalou buat cowok bisa nggak kak :)

    ReplyDelete
  36. pengen nyoba pake vitacid, udh 1 bulan blkngn ini pipi sm jidatku muncul bruntusan padahal dulunya gk prnh lo,

    ReplyDelete
  37. pengen nyoba pake vitacid, udh 1 bulan blkngn ini pipi sm jidatku muncul bruntusan padahal dulunya gk prnh lo,

    ReplyDelete
  38. Kak saya cowo mau nannya,jerawatnya tuh sama percis kaya yg ada di pipi kiri saya,sama kaya gitu,sekarang jerawat saya udah pada hilang ,tiap malem ane olesin olive oil dan ngefek banget,muka ane sekarang lebih bersih dari jerawat,tapi bekasnya masih ada nih,agak merah,dan muka ane jadi bruntusan kecil kecil gitu mukanya ga mulus ,mungkin akibat Face wash saya selama ini pake sabun muka zwitzall baby,klo pake vitacid itu kira kira bisa ga buat hilangin bruntusan blackspot gitu? Sama Facewash yg cocok buat sy tipe kulit normal apa ya?

    ReplyDelete
  39. Sis.
    Mnta email kamu dong. Aku mau konsul nih .jerawatku parah habis.
    Ini email ku
    tanrobin56@gmail.com

    ReplyDelete
  40. Sebelum vitacid, pakai SK II bisa gak?

    ReplyDelete
  41. Cobain mediklin cair deh, harganya 48rb di jakarta, ampuh banget...
    trus di combine dgn minum obat cina an chan wan. Baru 3 hari pake udah banyak perubahannya..
    Aq udah coba lho girls..
    Sebelumnya jerawatku gede2 banget..
    :)

    ReplyDelete
  42. Bb cream caring everlast bikin bruntusan ya? Ak pake itu dn hasilnya muka bruntusan parah. :((

    ReplyDelete
  43. gue mau tanya dong,,,gue juga bruntusan awalnya cuman 1-2 aja dipipi pas pakai natasha kyknya ga cocok skarang lumyan banyak terutama di dagu+pipi walaupun ga bisa dibilang banyak bgt
    gue sempet beli vitacid 0,025 cuman ga berani pakai takut purging..pernah nyoba seminggu ga ngefek juga ...skarang gue pakai acne feldin juga ga gitu ngefek
    gue juga minum zinc picolinate + pharmaton formula
    ga makan ikan2an+daging kec.sapi
    cuman masih sering konsumsi indomie
    skarang gue cuman cumuk pakai clean and clear+ pakai dewytree EGF treatment cream
    bingung maju mundur buat nyoba Vitacid

    ReplyDelete
  44. gue juga mau tanya kalau pakai vitacid kira2 bener harus bareface regimen ga? soalnya gue lagi pgn telatenin pakai dewytree EGF treatment care

    ReplyDelete
  45. Face wash yg bagus buat muka jerawat apa ya? Rekomen dong :(
    Aku slma ini pke zwitsall baby soap tp gitu2 aja gk berkurang jerawatnya :( rekomen plissss.

    ReplyDelete
  46. sai g mempan vitacid, lebih mempan mediklin TR yang ungu tp gt sih merah banget jdnya trus kulit jd g karuan :(

    ReplyDelete
  47. Mau tanya, waktu pake vitacid ada pantangan makan pedes atau berlemak gt ga? Terus pakenya seberapa banyak? Olesinnya semuka atau hanya di tempat berjerawat aja?

    ReplyDelete
  48. Aku jg sama bruntusan tp ga sampe merah2 meradang. Hiks

    ReplyDelete
  49. Sama kak saya juga ... tapi di jidat hadeh itu semacem bintik komedo hitam yg jumlah nya banyak di jidat , kalo dipencet malah menyebar ... udah nyoba segala cara tapi nol hasil !!!

    Gak tau deh pasrah gak bisa ngilangin komedo yg banyak ini

    Sekarang gini deh kalo punya muka masih alami jangan diapa apain .
    ..

    Klo muka udah tercemar jerawat or komedo susah

    ReplyDelete
  50. Itu jerawat bruntusnya ngilanginnya di pencet ato dibiarin aja,,,,,

    ReplyDelete
  51. wawww... amazing sis...
    vitacid ini ada di apotek2 kan sis?
    trus cocok untuk smua jenis kulit kan?

    http://naziezie.blogspot.com/

    ReplyDelete
  52. Kak kalau untuk komedo bisa g? Aku baru mau coba pakai tp sbn cuci muka ku sari ayu ayu yg acne foam pmbrsh+pnygrnya jg sari ayu yg lemon pelembabnya juga sari ayu. Aman gak untuk pemakaian vitacidnya kalau aku pakai itu semua biar gak kering muka ku?

    ReplyDelete
  53. Klo pke vitacid ktanya gak boleh pke pelembab yg mngandung whitening yah dear??? Kira2 klo pke sunblock, sunblock apa yg pas utk kulit brminyak biar gak makin kek kilang minyak?? 😣

    ReplyDelete
  54. ah, sama kok :D
    aku jerawat an kayak gitu juga and mupeng sekarang sama facial foamnya cathydoll

    ReplyDelete
  55. kak aku mau nyoba vitacid 0,05% ini tp masih takut aku kan jg pake sabun jf sulfur apa boleh kak? minta saran thanks:)

    ReplyDelete
  56. Minta pin bb ato wa donkkkk...nnyanya jd enakk..thnxxx

    ReplyDelete
  57. pengen bersih itu minta sama allah , allah menghadirkan whudu sebelum sholat , whudu itu lah yg membuat muka lembab serta menghilangkan jerawat .

    ReplyDelete
  58. Bagus mba artikelnya. Artikel yang sangat bermanfaat bagi pembaca. Untuk melengkapi artikel diatas silahkan anda membaca tentang cara cara menghilangkan jerawat kecil kecil yang mungkin bisa menambah pengetahuan dan saling berbagi informasi seputar jerawat.

    ReplyDelete
  59. Bagus mba artikelnya. Artikel yang sangat bermanfaat bagi pembaca. Untuk melengkapi artikel diatas silahkan anda membaca tentang cara cara menghilangkan jerawat kecil kecil yang mungkin bisa menambah pengetahuan dan saling berbagi informasi seputar jerawat.

    ReplyDelete
  60. wah nat, untung aja ya lo udah pinter nyari-nyari gitu. coba kalo kagak, bakalan merenung aja noh ngeliatin jerawat bertebaran. wkwk


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
  61. bagus artikelnya..sama kayak aku kasusnya.. huhu..sedih banget waktu ada jerawat pasir. tapi sekarang udah sembuh dan hilang. aku juga nulis pengalaman aku di blog. https://noonaclassic.blogspot.co.id/2016/08/serangan-jerawat-pasir-di-pipi.html

    ReplyDelete
  62. hal yg sama lg ak rasain jg skrg, purging emng nguji kesabaran 😢 blm lg bekasnya pr bgt 😂

    ReplyDelete
  63. follow igku dong bernadfernanda

    ReplyDelete
  64. Ak lagi mulai nih bruntusan gak jelas huhuhu



    cintalovest.blogspot.com

    ReplyDelete
  65. huhuuu aku lagi bruntusan, mau coba vitacidnya tapi takut purging :(

    ReplyDelete
  66. Semenjak pindahan muka just beruntusan gitu dan ada jerawat2 nya juga. Kira2 kalo pake vitacid ini cocok ga ya?

    ReplyDelete
  67. Terima kasih banyak info nya sangat bermanfaat sekali untuk yang sedang mengalami permasalahan jerawat ...

    harga bioplacenton

    ReplyDelete
  68. Kak mau nnya ni kan aku pakek verile acne gel, wajah aku itu bruntusan terus jerawatan cmn 1 doang, aku pakein di bruntussan sma jerawatnya setelah aku pakek di bruntussan malah memerah, apa itu dia lg purging ya kak. Berapa lama purging nya kak.

    ReplyDelete